5 Tips untuk Menjaga Kucing Senior atau Tua Anda Tetap Sehat

Kucing senior memiliki persyaratan kesehatan yang berbeda dengan kucing yang lebih muda. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu menjaga kucing tua Anda tetap sehat.

1. Jangan Lupa Pemeriksaan Kesehatan untuk Kucing Anda
Pastikan kucing senior Anda melakukan kunjungan rutin ke dokter hewan. Faktanya, banyak dokter hewan merekomendasikan kucing senior harus diperiksa dua kali setahun, terlebih lagi jika kucing Anda memiliki masalah kesehatan yang serius. Pemeriksaan fisik menyeluruh oleh dokter hewan Anda dapat mengungkapkan masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi kehidupan dan tingkat kenyamanan kucing Anda, seperti penyakit gigi, radang sendi, penyakit jantung, penyakit ginjal dan banyak lagi.

2. Catat Setiap Perubahan Perilaku pada Kucing Anda
Perhatikan perilaku kucing senior Anda dengan cermat. Ini penting untuk semua hewan peliharaan, tetapi juga untuk kucing senior. Perubahan perilaku kucing Anda mungkin merupakan gejala penyakit. Perhatikan secara khusus perubahan selera makan dan konsumsi air kucing Anda. Perhatikan perubahan dalam kebiasaan buang air kecil dan usus dan perubahan dalam rutinitas tidur. Jika kucing Anda tiba-tiba menjadi mudah tersinggung tanpa alasan, itu mungkin karena ia kesakitan, sulit melihat, atau kesulitan mendengar dengan benar. Setiap perubahan dalam rutinitas atau perilaku kucing senior Anda harus meminta konsultasi dengan dokter hewan Anda.

3. Jadikan Kucing Anda Lebih Mudah Berkeliling dan jalan jalan
Ketahuilah bahwa kucing senior Anda mungkin mengalami sakit yang disebabkan oleh radang sendi atau masalah kesehatan lainnya yang membuatnya sulit untuk dihilangkan seperti halnya ketika ia masih muda. Pertimbangkan untuk menyediakan landai atau tangga untuk memungkinkan kucing senior Anda mengakses perabotan atau tempat tidur. Jalan landai di tangga mungkin membuat hewan peliharaan Anda lebih mudah naik dan turun, dan karpet di lantai yang licin dapat membantu anjing Anda mendapatkan pijakan. Kotak kotoran dengan sisi yang lebih rendah dapat membuatnya lebih mudah bagi kucing Anda untuk masuk dan keluar dari kotak, dan kotak kotoran tambahan di bagian lain rumah dapat membantu mencegah kecelakaan.

4. Pilih Diet yang Sesuai Usia untuk Kucing Anda
Persyaratan diet dapat berubah seiring bertambahnya usia kucing Anda. Penting bagi Anda untuk memberikan makanan hewan peliharaan kepada kucing senior Anda sesuai usia. Beberapa hewan peliharaan yang lebih tua cenderung menambah berat badan dan mungkin membutuhkan diet untuk kucing yang kurang aktif. Orang lain mungkin mengalami kesulitan menahan berat badan mereka dan mungkin membutuhkan diet dengan kandungan kalori yang lebih tinggi atau palatabilitas yang lebih baik. Kucing yang lebih tua juga mungkin memiliki penyakit yang dapat dimanipulasi dan / atau dikontrol setidaknya sebagian melalui diet. Dokter hewan dapat membantu Anda memilih makanan yang sesuai untuk kucing senior Anda berdasarkan kebutuhan nutrisi individu kucing.

5. Pimp Out Your Cat’s Bed
Sediakan selimut dan handuk lembut untuk tempat tidur kucing senior Anda. Ini akan membantunya lebih mudah beristirahat dan tidur lebih nyenyak. Bahkan ada tempat tidur ortopedi khusus yang dibuat untuk kucing senior. Selain memiliki bentuk yang lebih padat untuk membantu melindungi sendi penuaan kucing senior Anda, beberapa tempat tidur ortopedi dapat dilengkapi dengan sumber panas dan / atau getaran, yang meningkatkan sirkulasi dan mengurangi kekakuan – cocok untuk anjing penderita artritis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.