Bisakah Anjing Memakai Tabir Surya?

Baik saat kita menabrak pantai, bermain lapangan, atau hanya pergi untuk menjalankan tugas, kita tahu bahwa selama bulan-bulan musim panas memakai tabir surya adalah kunci kesehatan dan keselamatan kita. Tapi bagaimana dengan teman-teman berbulu empat berkaki kita?

Selain memberikan teduh, udara, dan hidrasi yang baik bagi anjing kami selama bulan-bulan musim panas, tabir surya harus menjadi bagian dari rutinitas perawatan cuaca hangat Anda.

Bisakah Anjing Sunburn (kulit terbakar)?
Sama seperti kita, anjing kita bisa terbakar akibat paparan sinar matahari. Millie Rosales DVM, DACVD, dari Miami Veterinary Dermatology, mengatakan bahwa seekor anjing yang terbakar sinar matahari dapat menderita kulit merah dan meradang yang menjadi teriritasi dan menyakitkan. Kulit terbakar pada anjing juga dapat menyebabkan rambut rontok dan kulit bersisik.

 

Bisakah memakai tabir surya pada anjing saya?
Ya, Anda harus memakai tabir surya pada anjing Anda.

“Sebenarnya sangat penting untuk memakai tabir surya pada anjing, terutama yang berkulit terang dan bulu atau rambut putih,” kata Richard Goldstein, DVM, dan kepala petugas medis dari Animal Medical Center di New York City. “Kulit anjing bisa rusak oleh matahari seperti kita, sehingga mereka membutuhkan perlindungan yang sama terhadap perkembangan kulit terbakar dan kanker kulit.”

Rosales menunjukkan bahwa jenis kanker kulit yang umum pada anjing yang berhubungan dengan paparan sinar matahari adalah karsinoma sel skuamosa, melanoma ganas, hemangioma, atau hemangiosarkoma.

Dia mendesak bahwa jika seekor anjing harus berada di luar rumah selama jam-jam puncak paparan sinar matahari (10 pagi sampai 4 sore), tabir surya harus diterapkan kembali ke area tubuh yang peka terhadap sinar matahari — hidung, sekitar bibir, ujung telinga, pangkal paha , dan perut — sepanjang hari.

Goldstein mengatakan jika anjing itu berenang, tabir surya harus segera diterapkan kembali.

Apa Tabir Surya Terbaik untuk Anjing?
Tabir surya teraman dan paling efektif untuk digunakan pada anjing Anda adalah tabir surya yang dirancang khusus untuk penggunaan anjing, kata Rosales. Tabir surya ini dirancang dengan mempertimbangkan anjing dan tidak menimbulkan risiko kesehatan.

Jika tabir surya doggie bukan pilihan, Goldstein menyebutkan bahwa orang tua hewan peliharaan dapat membeli tabir surya spektrum luas untuk bayi dan anak-anak dengan SPF 15 atau lebih tinggi di apotek setempat. Tetapi sangat penting bagi orang tua hewan peliharaan untuk membaca label pada tabir surya bayi sebelum menerapkannya pada hewan peliharaan mereka, karena anjing mungkin menjilati kulit mereka dan secara tidak sengaja menelan tabir surya.

“Ketika memilih tabir surya bayi, pemilik hewan peliharaan harus memilih produk bebas pewangi yang tidak mengandung seng oksida,” jelas Rosales. “Menelan seng oksida dapat menyebabkan anemia hemolitik.”

Orang tua hewan peliharaan juga harus menghindari tabir surya yang mengandung asam para-aminobenzoic (juga dikenal sebagai PABA). Ini juga bisa beracun jika tertelan.

Untuk menegaskan kembali, bahan-bahan berikut dalam tabir surya beracun bagi anjing:
– Zink oksida
– para-aminobenzoic acid (PABA)

Jangan gunakan jenis tabir surya lainnya pada hewan peliharaan Anda tanpa persetujuan dokter hewan, dan jangan pernah mengoleskan lotion atau minyak penyamakan ke hewan peliharaan Anda.

Bagaimana Seharusnya Tabir Surya Diterapkan pada Anjing?
“Ketika menerapkan tabir surya ke daerah wajah, penting untuk berhati-hati dengan itu masuk ke mata,” kata Rosales. “Pemilik hewan peliharaan mungkin ingin menerapkan tabir surya ke area kecil di tubuh terlebih dahulu untuk melihat apakah itu menyebabkan reaksi sebelum menggunakannya di seluruh tubuh.”

Setelah mengoleskan tabir surya, biarkan lotion atau krim meresap selama beberapa menit dan monitor anjing Anda untuk memastikan ia tidak menjilat lotion atau krim, kata Rosales.

Anjing Berkembang Biak Lebih Banyak Kemungkinan Akan Menderita Sinar Matahari
“Anjing putih dengan rambut pendek, seperti Bull Terrier, Pit Bulls, Dalmatians, French Bulldogs, Greyhound, dan Boxers lebih rentan terhadap sengatan matahari daripada anjing dengan kulit yang lebih gelap dan mantel yang lebih tebal,” kata Goldstein.

Namun, meskipun trah ini lebih cenderung terbakar, semua orangtua hewan peliharaan harus mempertimbangkan penggunaan tabir surya untuk anjing mereka di musim panas.

Tambahan Perlindungan Matahari dan Panas untuk Anjing
Jika seekor anjing harus berada di luar selama jam-jam puncak matahari, orang tua hewan peliharaan dapat memanfaatkan aksesori seperti bodysuits, kemeja, dan topi dengan perlindungan ultraviolet, selain tabir surya untuk mencegah sengatan matahari. Kacamata anjing juga dapat digunakan untuk melindungi mata hewan peliharaan dari sinar matahari.

Selain berpotensi terbakar sinar matahari, anjing juga bisa mengalami serangan panas di musim panas. Pastikan anjing Anda memiliki akses ke air dan tempat teduh juga merupakan bagian penting dari menjaga hewan peliharaan Anda aman di hari-hari panas.

Meskipun menambahkan tabir surya ke rutinitas keselamatan musim panas anjing Anda adalah ide yang bagus, pemilik hewan peliharaan harus tetap waspada terhadap risiko yang terkait dengan paparan sinar matahari yang berlebihan.

“Penggunaan tabir surya seharusnya tidak memberi pemilik rasa aman bahwa hewan peliharaan mereka tidak akan terkena kanker kulit,” kata Rosales. “Memelihara anjing di dalam ruangan mulai pukul 10 pagi hingga 4 sore adalah cara terbaik untuk melindungi dari sinar matahari yang berbahaya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.